Cara Daftar UMKM

Untuk kamu yang sedang menjalani sebuah usaha mikro kecil menengah maka wajib tahu cara daftar UMKM.

Apabila usaha yang sedang kamu jalani sudah terdaftar maka ada kemungkinan untuk mendapat bantuan dari pemerintah.

Pandemi Covid-19 ini membawa banyak dampak buruk di setiap sektor perekonomian negara.

Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami penurunan pertumbuhan ekonomi semenjak adanya pandemi.

Hampir segala sektor perekonoian terutama UMKM ini terkena dampak negatif, seperti penurunan omset yang amat drastis.

Wabah virus Covid-19 ini membuat banyak perubahan khusus dalam kegiatan masyarakat.

Kini aktivitas warga menjadi sangat dibatas dan sangat diusahakan untuk tidak menimbulkan kerumunan.

Mengingat virus Covid-19 ini sangat cepat menyebar apabila kita melakukan kontak fisik dengan orang yang terjangkit Covid-19.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya agar roda perkonomian Indonesia tidak merosot semakin jauh.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan bantuan kepada sejumlah pelaku usaha UMKM atau pun masyarakat kurang mampu.

Namun, UMKM yang berhak mendapatkan bantuan hanyalah mereka yang sudah melakukan pendaftaran.

Program bantuan ini sedang mulai dijalankan sejak tahun 2020 dan masih berlanjut hingga saat ini.

Bagi kamu yang merasa membutuhkan bantuan dari pemerintah untuk menambah modal usahamu.

Maka bisa langsung mendaftarkan UMKM yang sedang kamu jalani melalui tempat yang sudah ditentukan.

Oleh karena itu, kami disini akan berbagi informasi kepada semua pembaca mengenai Cara Daftar UMKM.

Silahkan simak penjelasan yang akan kami berikan di dalam artikel ini khususnya untuk kamu yang mendaftar UMKM.

Bantuan Langsung Tunai UMKM 2021

bantuan langsung tunai

Sejak tahun 2020, pemerintah mulai menjalankan program BLT UMKM yang diberikan untuk pelaku usaha yang membutuhkannya.

Pada tahun 2021 ini pemerintah menargetkan akan memberi bantuan ini kepada 12,8 juta para pelaku usaha mikro kecil menengah.

Pemerintah sudah menyiapkan anggaran sebesar 15,36 triliun rupiah untuk melaksanan program BLT ini.

Para pelaku UMKM harus mendaftar apabila ingin mendapatkan BPUM (Bantuan Produkti Usaha Mikro).

Program bantuan ini diperuntukkan bagi usaha yang belum bisa mengajukan kredit di bank.

Untuk beberapa pemerintah daerah, ada yang sudah melayani pendaftaran UMKM ini secara online.

Namun masih ada juga sebagian pemerintah daerah yang mengharuskan pelaku usaha untuk mengajukan berkas secara langsung.

Bantuan langsung tunai yang diberikan pada tahun 2021 ini memang terbilang lebih kecil dibandingkan dengan tahun 2020.

Tahun ini pemerintah hanya menyalurkan bantuan kepada setiap pelaku UMKM sebesar 1,2 juta rupiah.

Meskipun begitu, bantuan tersebut tetap sangat berarti bagi para pelaku usaha yang paling terkena dampak dari pandemi ini.

Sebelum pelaku usaha ingin mendaftar BLT UMKM, maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Apa sajakah syarat-syarat tersebut? Simak penjelasannya pada pembahasan berikut ini.

Syarat Daftar BPUM UMKM

Syarat Daftar UMKM

Seperti yang sudah kami beritahu sebelumnya bahwa ada beberapa syarat yang harus dilengkapi apabila ingin mendaftar BPUM UMKM.

Syarat-syarat tersebut akan menjadi pertimbangan bagi pemberi bantuan mengenai siapakah yang layak untuk menerima BPUM UMKM ini.

Pastikan bahwa kamu yang ingin mendaftar BPUM UMKM sudah melengkapi semua syarat-syarat yang sudah di hapus.

Berikut ini adalah syarat serta ketentuan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar BLT UMKM.

  • Memiliki usaha yang masih tergolong ke dalam kategori UMKM.
  • Asli Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan KTP dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Pendaftar bukan termasuk bagian dari TNI, POLRI, pegawai BUMN atau BUMD, dan aparatur sipil negara.
  • Usaha yang dijalani tidak sedang menerima pinjaman atau kredit dari bank mana pun.
  • Memiliki SKU (Surat Keterengan Usaha) yang diterbitkan oleh pihak berwenang.

Semua syarat serta ketentuan yang telah kami jelaskan di atas itu wajib untuk dipenuhi.

Apabila kamu belum memiliki SKU maka segera buat karena itu menjadi salah satu syarat daftar BPUM UMKM ini.

Selain memenuhi semua syarat yang sudah ditentukan, pendaftar juga perlu menyiapkan berkas-berkas pengajuan BPUM UMKM.

Berikut ini adalah berkas-berkas yang harus dipersiapkan apabila ingin mendaftar BPUM UMKM.

  • Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di KTP.
  • Nomor telepon aktif.
  • Alamat tempat tinggal saat ini.
  • Melampirkan SKU apabila domisili usaha berbeda dengan tempat tinggal di KTP.
  • Bidang usaha yang dijalani.

Setelah sudah memastikan semua syarat serta berkas-berkas yang dibutuhkan telah lengkap.

Barulah kamu bisa mengajukan daftar BPUM UMKM melalui lembaga terkait secara online.

Cara Daftar UMKM Secara Online

Cara Daftar UMKM

Apabila kamu sudah merasa melengkapi semua persyarat serta berkas yang dibutuhkan.

Maka kamu bisa langsung mendaftar BLT UMKM ini secara online melalui website internet.

Nah, untuk kamu yang ingin mendapat bantuan dari pemerintah maka segera daftar bantuan UMKM ini sekarang juga.

Pada pembahasan ini kami akan berbagi informasi tentang cara daftar BPUM UMKM secara online.

  • Pertama, kunjungi website resmi untuk mendaftar BPUM UMKM ini yaitu oss.go.id melalui broswer pencarian.
  • Setelah masuk ke dalam halaman utama dari aplikasi maka langsung klik “Masuk”. Apabila belum memiliki akun maka silahkan daftar dahulu.
  • Berikutnya kami bisa memilih menu “Ajukan Perizinan Usaha Mikro Kecil“.
  • Setelah itu pilih jenis usaha pada kolom yang sudah disediakan yaitu “Perorangan”.
  • Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk “mengisi formulir” dan langsung saja masukkan semua informasi yang dibutuhkan dengan benar.
  • Apabila kamu sudah selesai mengisi semua informasi yang ada di dalam formulir maka langsung klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Bagi kamu yang memiliki usaha kecil maka bisa “mengisi formulir komitmen prasarana usaha” untuk mengajukan izin lokasi dan lingkungan.
  • Jika sudah maka kamu bisa langsung klik “Lanjutkan”.
  • Dan setelah itu kamu bisa melihat rangkuman data yang telah dimasukkan.
  • Berikutnya “klik tanda centang” pada kotak disclaimer.
  • Lanjutkan dengan pilih “Proses NIB”.
  • Selesai, jika kamu sudah memiliki NIB maka akan terdaftar menjadi pelaku UMKM yang berhak menerima BPUM.

Baca Juga : Cara Daftar Kartu Prakerja

Cek Penerima BPUM UMKM 2021

cek penerima bantuan umkm

Bagi siapa saja yang sudah mendatftarkan usahanya sebagai penerima BPUM maka ketika waktu pencairan maka bisa mengecek status penerimannya melalui dua cara.

Pertama, kamu bisa mengecek penerima BPUM UMKM 2021 ini melalui bank BRI tepatnya di situs e.form.bri.co.id.

Ketika kamu sudah berhasil menjadi penerima bantuan UMKM maka bisa langsung mencarikannya melalui bank tersebut.

Selain melalui bank BRI, kamu juga mengecek penerima BPUM UMKM 2021 melalui bank BNI.

Sama seperti cara sebelumnya, kamu juga bisa mengetahui apakah usaha yang didaftarkan berhasil menjadi penerima atau tidak melalui situs resminya.

Silahkan lakukan pencairan bantuan tersebut melalui bank BNI yang ada di sekitar rumahmu.

Dan jangan lupa untuk membawa semua persyaratan yang dibutuhkan ketika melakukan pencarian dana BPUM UMKM 2021.

Baca Juga : Cara Cek Sertifikat Vaksin

Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Daftar UMKM secara online.

Semoga penjelasan yang kami berikan di dalam artikel ini bermanfaat dan bisa dimengerti oleh pembaca.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan sampai jumpa pada pembahasan menarik selanjutnya.